Rabu, 24 Juli 2013

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG KEJADIAN RUPTURE PERINEUM



ABSTRAK


 
Robekan jalan lahir atau rupture merupakan luka pada perineum yang diakibatkan oleh rusaknya jaringan secara alamiah karena proses desakan kepala janin atau bahu pada saat proses persalinan. Perdarahan post partum menjadi penyebab utama 40% kematian ibu di Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya ibu nifas yang tidak mengetahui tentang kejadian rupture perineum. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui gambaran pengetahuan ibu nifas tentang kejadian rupture perineum pada persalinan normal di BPS Hj. Ny. Susi Alisa desa Tlogorejo kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro.
Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya adalah seluruh ibu nifas di BPS Hj. Ny. Susi Alisa dari bulan Mei hingga Juli tahun 2011 dengan besar sampling 20. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar kuesioner. Analisa data dengan editing, coding, scoring, tabulating dan disajikan dalam bentuk narasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar atau 75 % pengetahuan ibu nifas tentang pengertian rupture perineum cukup. Pengetahuan ibu tentang penyebab terjadinya rupture sebagian besar juga cukup yaitu sekitar 65%. Pengetahuan ibu tentang pembagian rupture sebagian besar kurang yaitu 75%. Pengetahuan ibu tentang penanganan rupture perineum hampir seluruhnya kurang yaitu 85%, serta pengetahuan ibu tentang perawatan luka rupture perineum sebagian besar cukup yaitu 65%. Pengetahuan ibu nifas tentang kejadian Rupture Perineum sebagian kurang yaitu 50 %.
Melihat hal ini maka perlu adanya kesadaran masyarakat untuk lebih membuka diri dalam menerima informasi, serta peran petugas kesehatan hendaknya lebih memperhatikan dalam memberikan informasi pada masyarakat khususnya tentang persalinan dan akibat yang mungkin terjadi saat atau setelah persalinan.
                                                  

                                            BAB 1

                                            BAB 2

                                            BAB 3

                                            BAB 4

                                            BAB5 

                                            LAMPIRAN DEPAN

                                            LAMPIRAN BELAKANG 





Apabila link diatas error atau tidak dapat dibuka mohon memberitahukan pada saya melalui kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar: