Kamis, 25 Juli 2013

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI PADA BAYI USIA 6 - 24 BULAN



ABSTRAK


Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung banyak gizi, diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selai dari ASI. Makanan Pendamping ASI merupakan proses transisi dari asupan yang semata berbasis susu menuju makanan yang semi padat. Masalah yang didapat adalah masih banyaknya ibu bayi yang mempunyai pengetahuan kurang tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI). Masalah dalam penelitian yang dilakukan pada 10 ibu bayi yang mempunyai bayi usia 6-24 bulan di posyandu Duri Wetan kecamatan Maduran kabupaten Lamongan tahun 2011 di dapatkan 3 orang ibu yang tidak memberikan MP-ASI pada bayinya sebelum umur 6 bulan dan 7 orang ibu yang sudah memberikan MP-ASI pada bayinya tidak sesuai dengan umur bayi yaitu sebelum umur 6 bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pengetahuan ibu bayi tentang makanan pendamping ASI (MP- ASI) pada bayi usia 6-24 bulan di Posyandu Duri Wetan kecamatan Maduran kabupaten Lamongan tahun 2011.   
Desain dalam penelitian ini adalah menggunakan desain deskriptif. Dengan jumlah populasi 50 responden dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Total Sampling sebanyak 50 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Setelah data terkumpul dikelompokkan dan dimasukkan dalam tabel distribusi frekwensi secara deskriptif.   
Hasil penelitian didapatkan bahwa 23 responden (46%) memiliki pengetahuan kurang, 11 responden (22%) memiliki pengetahuan cukup dan 16 responden (32%) memiliki pengetahuan baik. 
Merupakan dari hasil penelitian ini diharapkan responden aktif dalam memperoleh informasi tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada bayi usia 6-24 bulan, selain itu peran petugas kesehatan agar mengoptimalkan perannya sebagai tenaga profesional untuk memberikan pelayanan kesehatan. Serta meningkatkan penyuluhan kepada ibu bayi dan kader masyarakat tentang makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada bayi usia 6-24 bulan.


                                   BAB 1

                                   BAB 2

                                   BAB 3

                                   BAB 4

                                   BAB 5

                                   LAMPIRAN DEPAN

                                   LAMPIRAN BELAKANG





Apabila link diatas error atau tidak dapat dibuka mohon memberitahukan pada saya melalui kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar: