Rabu, 24 Juli 2013

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA TRIMESTER I TENTANG KEBUTUHAN AKTIVITAS FISIK


ABSTRAK


Aktivitas fisik merupakan kemampuan individu untuk bergerak secara bebas, mudah dan teratur dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan aktivitas guna mempertahankan kesehatannya. Dari survey awal diBPS Farida Qurniawati Amd.Keb Desa Kacangan Modo Lamongan bulan Januari 2011 menunjukkan bahwa masih banyak ibu hamil yang tidak melakukan kebutuhan aktivitas fisik sehingga ibu mengalami keguguran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan ibu primigravida trimester I tentang kebutuhan  aktivitas fisik di Desa Kacangan Modo Lamongan.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, populasinya adalah seluruh ibu primigravida trimester I di BPS Farida Qurniawati Desa Kacangan Modo Lamongan bulan juni tahun 2011 sebanyak 29 responden dengan sampelnya adalah seluruh ibu primigravida trimester I diBPS Farida Qurniawati Amd.Keb Desa Kacangan Modo Lamongan sebanyak 31 responden, dengan teknik sampling consecutive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari sebagian ibu mempunyai pengetahuan baik tentang pengertian aktivitas fisik yaitu 15 orang (51,7 %), kemudian pengetahuan ibu tentang manfaat aktivitas fisik baik yaitu 18 orang (62%). sedangkan pengetahuan ibu tentang jenis dan kebutuhan aktifitas fisik cukup yaitu sebanyak 17 orang (59%).
Melihat hasil penelitian ini maka perlu adanya upaya petugas kesehatan mengoptimalkan pemberian penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil terutama pada ibu hamil primigravida trimester I tentang kebutuhan aktivitas fisik.


                                   BAB 1

                                   BAB 2

                                   BAB 3

                                   BAB 4

                                   BAB 5

                                   LAMPIRAN DEPAN

                                   LAMPIRAN BELAKANG





Apabila link diatas error atau tidak dapat dibuka mohon memberitahukan pada saya melalui kolom komentar dibawah.

Tidak ada komentar: